Teknik Kimia itu sebenarnya makhluk apaan, sih?

Teknik kimia merupakan suatu ilmu yang sangat aplikatif yang memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu sains seperti matematika, fisika, kimia, maupun biologi dengan ilmu-ilmu rekayasa (teknologi) dan sistem industri. Dalam konteks ini, ilmu teknik kimia secara prinsipil sangat berbeda dengan ilmu kimia murni maupun teknik industri (teknik dan manajemen industri).

Dalam kehidupan sehari-hari, kita senantiasa dihadapkan para peristiwa-peristiwa penting dalam lingkup ilmu teknik kimia. Satu contoh kegiatan keseharian yang saya berikan di sini adalah menyeduh teh atau kopi.

Kaliurang   (UII  News)  -  Dalam rangka pengembangan dan peningkatan pelayanan informasi kepada sivitas akademika dan anggota FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) telah sepakat untuk melakukan kerja sama dalam pembentukan dan pengembangan Jogja Library for All (JOGJALIB) di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam Jogjalib nantinya akan dikembangkan meliputi: 1. Jaringan Informasi 2.  Pengembangan Koleksi Perpustakaan 3. Pengembangan Pelayanan Perpustakaan. Untuk mewujudkan layanan perpustakaan  yang baik Dewan Pengembang Perpustakaan (DPP) Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, telah menbentuk Jogja Library For All, melalui Jogja Acces Library Network, dan agar berjalan dengan lancar maka di bentuk Dewan Pengembang Perpustakaan (DPP) dan Direktorat Perpustakaan UII ditunjuk sebagai anggota DPP Propinsi DIY, dalam MOU (kesepakatan bersama) dengan Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditandatangani oleh  Sri Sultan Hamengku Buwono X dan  kerja sama silang layan 5 (lima) Perguruan Tinggi di Yogyakarta diantaranya UII, UGM, UAJY, UKDW, dan BAPERPUSDA, secara teknis anggota silang layan dapat menggunakan fasilitas yang ada di perpustakaan yang dituju serta diwajibkan menggunakan Smart Card. Kartu ini nantinya dapat diperoleh dari Baperpusda atau tempat dimana mahasiswa tersebut mendaftar sebagai anggota silang layan, tidak harus di perguruan tinggi asalnya. Dalam upaya untuk mencapai Visi "Yogyakarta sebagai Pusat Pendidikan Terkemuka di Tahun 2020" Pemerintah Propinsi DIY  akan membentuk dan mengembangkan  Jogjalib yang merupakan Networking dari perpustakaan-perpustakaan yang  berada di Propinsi DIY sebagai sebuah integrasi berbagai sistem perpustakaan yang menberikan kemudahan akses informasi koleksi perpustakaan melalui media yang seragam serta berbasis teknologi informasi sehigga akan memperluas pengguna layanan dan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat khususnya, dunia pendidikan serta meningkatkan pelayanan bagi pengguna perpustakaan khususnaya masyarakat pada umumnya. Keterlibatan UII dalam pengembangan pengetahuan melalui perpustakaan tidak dapat diragukan lagi. UII menjadi satu-satunya  PTS pertama yang ikut menanda tangani MOU bagi terbentuknya Jogjalib, dan sebuah komunitas perpustakaan yang dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada seluruh warga Yogyakarta untuk mengakses informasi berupa jurnal atau fasilitas lain yang disediakan oleh perpustakaan. Saat ini Jogjalib akan dikembangkan untuk dapat melaksanakan silang layan bagi seluruh mahasiswa di Yogyakarta, tanpa membedakan dari perguruan tinggi mana yang bersangkutan berasal, dan UII melalui Derektorat Perpustakaan mengambil peran dalam jaringan ini.

0 komentar

Posting Komentar

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda FazaniDistributed by CahayaBiru.com