Teknik Kimia itu sebenarnya makhluk apaan, sih?

Teknik kimia merupakan suatu ilmu yang sangat aplikatif yang memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu sains seperti matematika, fisika, kimia, maupun biologi dengan ilmu-ilmu rekayasa (teknologi) dan sistem industri. Dalam konteks ini, ilmu teknik kimia secara prinsipil sangat berbeda dengan ilmu kimia murni maupun teknik industri (teknik dan manajemen industri).

Dalam kehidupan sehari-hari, kita senantiasa dihadapkan para peristiwa-peristiwa penting dalam lingkup ilmu teknik kimia. Satu contoh kegiatan keseharian yang saya berikan di sini adalah menyeduh teh atau kopi.

LATAR BELAKANG 

Sebagai salah satu negara yang mempunyai sumber daya alam yang cukup potensial, Indonesia merupakan negara sangat kuat dalam penyediaan bahan baku yang bersumber dari alam. namun demikian kenyataan sumber daya alam yang dimiliki belum dikelola dengan maksimal kendati secara tradisional pengelolaannya telah dilakukan sejak nenek moyang kita sebagai masyarakat yang berbudaya dan agraris. Kekayaan sumber alam Indonesia selalu memberi kehidupan kepada aneka ragam tumbuh-tumbuhan dan hewan, oleh sebab itu salah satu potensi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan adalah serat-serat alam tunggal (agro fibers) yang bersal dari berbagai jenis tanaman yang berasal batang, daun serta dari limbah agro industri yang mempunyai kandungan serat dan bernilai tinggi.

seiring dengan berbagai upaya penelitian dan pengembangan serta pemanfaatannya tentu saja akan mempunyai dampak terhadap pengembangan industri dan perekonomian di Indonesia baik secara makro maupun mikro ekonomi. Pemanfaatan serat-serat tunggal (agro fibers) seperti serat rami, henep, kenaf, agel, serat abaka, dan serat daun seperti; agave, nenas, sisal, lidah mertua dan jenis lainnya ternyata belum begitu dikenal oleh masyarakat, sehingga peluang dan potensi serat tersebut cukup menjanjikan bagi usaha kecil dan menengah (UKM), kerajinan tekstil maupun industri tekstil dan produk tekstil di Indonesia utamanya dalam pengembangan produk-produk yang bernuansa naturalis, primitif, kulturis dan seklusif, serta diverifikasi bahan baku industri TPT.


VISI

"Iqro', Istiqomah". Mengkaji dan mengembangkan serta memberdayakan serat alam (agro fibers) secara komprehensif yang peduli terhadap kehidupan bangsa dan negara.


MISI
  • Mengkaji, mengembanghkan dan memanfaatkan serat alam berbasis pada sumber daya alam Indonesia yang bervariasi melalui proses dengan teknologi tepat guna.
  • Menhasilkan serat alam sebagai bahan baku industri secara luas, serta membangun potensi sumber daya alam khususnya serat alam yang berkelanjutan.
  • Mendukung program pemerintah dalam upaya mengurangi import bahan baku insustri tekstil dan produk tekstil serta insustri lainnya dalam penyediaan bahan baku.
  • Melakukan upaya-upaya inofatif dan inventif serat alam dalam rangka meningkatkan daya saing.

TUJUAN
  • Menyamakan visi dan misi serta membuat rioad map dalam pengembangan potensi serat alam di Indonesia secara Nasional, baik dengan Pemerintah, Swasta, Masyarakat Industri, Pergutuan Tinggi dalam uapaya membangun sinergi.
  • Melakukan penelitian dan pengembangan serta desiminasi hasilnya kepada masyarakat luas dalam mengaplikasikannya sebagai bahan baku industri.
  • Memberi masukan kepada program-program pemerintah dalam pengembangan potensi serat alam agar berjalan secara terintegrasi dan berkesinambungan antar departemen dan lembaga terkait.
  • Mengupayakan kemandirian dalam usaha mengembangkan serta melestarikan potensi serat alam Indonesia guna meningkatkan perekonomian rakyat yang pada akhirnya adalah perekonomian Nasional.
  • Menyebarluaskan hasil penelitian dengan melakukan seminar di level Nasional dan Internasional serta mempublikasikannya melalui jurnal ilmiah.
  • Mengupayakan HKI sesuai dengan metode, formulasi terkini, desain teknologi yang dikembangkan dan ditemukan.

Contact Person:
Drs. Ir. Faisal RM, MSIE., Ph.D (081392520411)

0 komentar

Posting Komentar

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda FazaniDistributed by CahayaBiru.com