Teknik Kimia itu sebenarnya makhluk apaan, sih?

Teknik kimia merupakan suatu ilmu yang sangat aplikatif yang memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu sains seperti matematika, fisika, kimia, maupun biologi dengan ilmu-ilmu rekayasa (teknologi) dan sistem industri. Dalam konteks ini, ilmu teknik kimia secara prinsipil sangat berbeda dengan ilmu kimia murni maupun teknik industri (teknik dan manajemen industri).

Dalam kehidupan sehari-hari, kita senantiasa dihadapkan para peristiwa-peristiwa penting dalam lingkup ilmu teknik kimia. Satu contoh kegiatan keseharian yang saya berikan di sini adalah menyeduh teh atau kopi.


“Saat ini, saya melihat, begitu cepat sekali perkembangan kampus UII tercinta ini. Terutama Jurusan-Jurusan atau Program Studi yang terdapat di Fakultas Teknologi Industrinya. Selain gedung kampus yang ditempati begitu baik dan representative, fasilitas pendukung akademisnya seperti laboratorium juga sangat memadai. Bahkan, yang berstandar internasional juga banyak,” demikian tutur Ir. Zurendra Yudestir, Generale Manager PT. Indorama Synthetic, Tbk Purwakarta, Jawa Barat. Hal ini disampaikannya ketika memberikan kuliah umum di Jurusan Teknik Kimia FTI UII, akhir Maret 2009 lalu.

Pria kelahiran Padang ini memberikan materi yang berkaitan dengan Prospek Serat Alam sebagai Bahan Baku Industri Tekstil. Yudestir, yang juga alumni Jurusan Teknik Tekstil (sekarang menjadi Teknik Kimia) FTI UII angkatan 1981 ini, berharap dengan perkembangan kampus FTI UII yang begitu baik saat ini menjadikan motivasi para mahasiswa dan alumni untuk menjadi yang terbaik pula.

“Setelah sekian lama saya tidak berkunjung ke almamater saya ini, saya begitu kagum dengan perkembangannya yang sangat pesat. Saya sangat mendukung dan berharap, hal ini juga diiringi dengan kelebihan-kelebihan yang berdaya saing tinggi bagi mahasiswa dan alumninya kelak. Kerjasama dengan pihak industri juga harus terus ditingkatkan. Potensi besar atas kemampuan pengembangan teknologi tepat guna yang telah digalakkan oleh Jurusan Teknik Kimia FTI UII, seperti pemanfaatan serat alam ini harus terus ditingkatkan,” harap Yudestir di depan para Mahasiswa Teknik Kimia UII yang hadir dalam Kuliah Umum tersebut. (Mishbahul Munir)

Sumber : http://fit.uii.ac.id

0 komentar

Posting Komentar

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda FazaniDistributed by CahayaBiru.com