Teknik Kimia itu sebenarnya makhluk apaan, sih?

Teknik kimia merupakan suatu ilmu yang sangat aplikatif yang memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu sains seperti matematika, fisika, kimia, maupun biologi dengan ilmu-ilmu rekayasa (teknologi) dan sistem industri. Dalam konteks ini, ilmu teknik kimia secara prinsipil sangat berbeda dengan ilmu kimia murni maupun teknik industri (teknik dan manajemen industri).

Dalam kehidupan sehari-hari, kita senantiasa dihadapkan para peristiwa-peristiwa penting dalam lingkup ilmu teknik kimia. Satu contoh kegiatan keseharian yang saya berikan di sini adalah menyeduh teh atau kopi.

Foto: Menpera (tengah) berjalan didepan Masjid UII didampingi Rektor dan Ketua Badan Wakaf UII

Menteri Negara Perumahan Rakyat, Mohamad Yusuf Asy’ari melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, pada Jum’at, 13 Februari 2009. Rusunawa yang dibangun di utara masjid kampus UII ini menempati area seluas 3.657 m2 dan luas lantai total 4.266 m2. Rusunawa ini terdiri dari 5 lantai dengan jumlah kamar 98 unit termasuk 2 unit untuk difabel. Unit hunian berukuran tipe 21 m2 dan dapat menampung 3-4 mahasiswa. Fasilitas yang ada meliputi kamar mandi dan WC komunal serta ruang belajar di tiap lantai hunian.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat Pengembangan Perumahan Kemenpera, Andi Zainal A Dulung, turut hadir mendampingi Menpera. Dengan pembangunan rusunawa ini, UII telah mendapatkan dua rusunawa. “Rusunawa I telah diresmikan Menpera pada 2008. Sekarang menjadi salah satu instrumen penting bagi pelaksanaan kegiatan keagamaan untuk mahasiswa. Di rusunawa I ini, mahasiswa baru UII secara bergiliran mengikuti pembinaan keagamaan dan LKID dengan pola pesantrenisasi untuk durasi sekitar sepuluh hari,” ujar Rektor UII, Prof. Edy Suandi Hamid, M.Ec, ketika menyambut Menteri beserta rombongan.

“Tolong, Rusunawa ini dioptimalkan untuk penguatan kapasitas pendidikan para mahasiswa. Pembangunan rumah susun ini adalah bertujuan mendorong pemenuhan kebutuhan rumah yang layak, sehat, aman, dan terjangkau dengan menitikberatkan sasarannya pada masyarakat berpendapatan rendah,” tutur Yusuf Asya’ari.

Dalam lima tahun (2005-2009) pemerintah ditarget membangun sebanyak 60.000 unit rusunawa. Pembangunan rusunawa ini mulai dilakukan Kemenpera tahun 2005 di 9 lokasi, yaitu: Medan (Martubung), Batam (Mukakuning dan Tanjung Piayu), Surabaya (Siwalankerto) masing-masing dua twinblock, Bandung (Cingised), Yogyakarta (UII), Semarang (Undip), Makasar (UMI), Manado (Unsrat), dan Nunukan masing-masing satu twinblock.

Pada 2006, Kemenpera kembali membangun rusunawa sebanyak lima twinblok. Kemudian 24 twinblok pada 2007 dan 2008 sebanyak 39 twinblok termasuk rusunawa UII yang hari ini mulai dilakukan peletakan batu pertamanya. Dijadwalkan rusunawa UII akan selesai pada 7 Juni 2009. (Humas/Misbah)

0 komentar

Posting Komentar

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda FazaniDistributed by CahayaBiru.com