Teknik Kimia itu sebenarnya makhluk apaan, sih?

Teknik kimia merupakan suatu ilmu yang sangat aplikatif yang memadukan antara konsep-konsep dasar bidang ilmu sains seperti matematika, fisika, kimia, maupun biologi dengan ilmu-ilmu rekayasa (teknologi) dan sistem industri. Dalam konteks ini, ilmu teknik kimia secara prinsipil sangat berbeda dengan ilmu kimia murni maupun teknik industri (teknik dan manajemen industri).

Dalam kehidupan sehari-hari, kita senantiasa dihadapkan para peristiwa-peristiwa penting dalam lingkup ilmu teknik kimia. Satu contoh kegiatan keseharian yang saya berikan di sini adalah menyeduh teh atau kopi.

LATAR BELAKANG 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam terbesar di dunia. berbagai laporan menunjukkan bahwa potensi kekayaan bahan alam seperti batubara, minyak dan gas bumi di Indonesia sangat besar. Hal ini ditunjang pula dengan ketersediaan berbagai jenis mineral yang bernilai tinggi. Kekayaan alam di Indonesia juga mencakup hasil produksi pertanian dan perkebunan, dimana Indonesia merupakan salah satu penghasil utama hasil pertanian dan perkebunan unutk komoditas minyak sawit, minyak atsiri seprti minyak biji pala dan cengkeh, vanilla dan lainnya. Dengan kekayaan alam yang sangat besar, diperlukan pengolahan maupun sintesis secara kimiawi untuk menghasilkan bahan-bahan yang dapat digunakan dalam industri selanjutnya dan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Sintesis kimia mencakup sintesis anorganik maupun organik, yang berarti mengubah bahan baku menjadi bahan kimia bermanfaat maupun menjadi produk siap pakai. Sebagaian besar sistesis kimia pada ssat ini menggunakan teknologi katalisis. oleh karena itu, katalis merupakan suatu bidang teknis yang luas, dan nilai ekonomi utamanya tidak berupa nilai produk katalis atau teknologi katalisnya itu sendiri, melainkan reaksi kimia dan hasilnya yang mungkin dan dapat dihasilkan dengan teknologi katalis.

teknologi Katalis kjuga berkembang ke arah proses yang dapat mengurangi bahaya manusia terutama akibat tercemarnya lingkungan hidup. Pengurangan emisi dengan menggunakan katalis adalah pengembangan teknologi katalis yang dapat mengurangi bahaya terhadap manusia akibat produksi zat beracun dari banyak proses kimia termasuk di dalamnya teknologi persih pembakaran bahan bakar pada kendaraan bermotor, remediasi lingkungan secara katalitik serta modifikasi pengembangannya dalam skala industri dan aplikatif.



TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Melakukan penelitian di bidang pengembangan teknologi katalis, baik mengenal material katalis maupun aplikasi katalis unutk kepentingan sistesis kimia dan aplikasi lingkungan yang lain menggunakan katalis.



KEGIATAN PENELITIAN YANG TELAH/SEDANG DILAKUKAN
  • Sintesis dan uji aktifitas katalis Pt/Zeolit untuk reduksi selektif gas NOx.
  • Sitesis dan uji aktifitas katalis ZrO2/Montmorillonite untuk upgrading biofuel dari biomassa.
  • Pengembangan adsorben berbasis zeolit unutk pengurangan kadar CO2.
  • Pengembangan material katalis dari abu layang (fly ash) untuk reformasi kukus bio-ethanol sebagai penyedia gas hidrogen.
  • Pilarisasi lempung sebagai katalis Selective Catalytic Reduction unutk mengurangi emisi gas NOx.
  • Sintesis dan uji aktifitas katalis heterogen pada pembuatan biodiesel.
  • Sintesis dan uji aktifitas katalis unutk produksi gas sintetis dari bio-gas.


Kontak
Arif Hidayat
ariffhid(at)yahoo(dot)com

0 komentar

Posting Komentar

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda FazaniDistributed by CahayaBiru.com